Jumat, 03 Mei 2013

tugasb indo 2


Sejarah music rock
Music adalah bunyi yang di terima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang music juga bermacam-macam, di antaranya bunyi/kesan terhadap sesuatu yang di tangkap oleh indera pendengar, suatu karya seni dengan segenap unsure pokok dan pendukungnya. Segala bunyi yang di hasilkan dengan sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan di sajikan sebagai musik.
1.       Era 70-80 an
Warna band di Indonesia sangat dipengaruhi  oleh group barat yang ngetop waktu itu seperti :
-Uriah Heep, Black Sabbath, Kiss, Led Zeppelin, dll.
Jenis musiknya juga sudah bermacam-macam,mulai rock,blues,rock n roll, dan art rock. Karena teknologi masih kurang/minim, maka penggunaan efek gitar masih kurang, sehingga penonjolanada pada skill individu dan aksi panggungnya.

2.       Era 80-90 an
Mulai bermunculan warna-warna baru dalam music rock dengan sound yang lebih garang,speed menonjol, lengkingan vocal yang tinggi dan distorsi gitar lebih tebal. Seiring dengan majunya perangkat efek gitar dan teknologi sound systemnya.munculah jenis heavy metal, metal zone. Si ilhami dengan group band yang dari luar seperti  Hallowen, Metallica, Iron Maiden, Bon jovi,dll.maka munculah di Indonesia group seperti Power Metal, Andromeda, Kamikaze,dll.
Stage act atau aksi panggung tak kalah dengan yang sebelumnya, dan masing-masing mempunyai ciri khas sendiri-sendiri. Aksi penonton mulai ada yang melakukan head banger, mengibaskan rambutnya yang gondrong dengan kepala di goyang-goyangkan mengikuti beat lagu dengan salam metal 3 jari. Pada era ini sempat terbentuk wadah rocker khususnya di Surabaya yang bernama “Mania Rockers”.

3.       Era 90-95 an
Warna music masih sama, tapi banyak band baru yang bermunculan seperti String, Sound Hardness, Eclips, dll. Jenis music speed metal masih menjadi pilihan utama meski trash metal mulai juga di lirik dan di garap oleh band-band yang baru. Pada era ini, Harpa Record sudah mulai tertarik untuk mengeluarkan album kompilasi yang kelak kemudian di beri title “Indonesian Rock & Metal” dan pada akhirnya booming 4 series album kurun waktu Cuma 4 tahun.

4.       Era 95-2000 an
Pada periode ini music rock mengalami stagnasi yang parah. Di sebabkan kekisruhan di setiap live musiknya, yang berujung pada pelarangan pentas untuk music-musik seperti ini. Hampir mati mungkin sudah sekarat musik rock hamper di seluruh negeri. NIRVANA sebagai music alternative menumbuhkan gairan para rocker, dengan cordnya yang simple maka banyaklah lagu nirvana yang di adopsi mereka. Skill mulai tidak diperhatikan, speed, harmonisasi dan beat-beat indah yang dulu selalu ada mulai tenggelam. Bahkan distorsi dan efek gitar tidak lagi  menjadi kekuatan melainkan hanya menjadi noise daja yang tidak bermanfaat.

5.       Era 2000-sekarang
Alternative dan underground masih menjadi dominasi meki warna rock, metal mulaimengikuti seiring dengan munculnya aliran baru yakni Modern Rock, dengan vocal serak berat, distorsi gitar lebih berat, seperti  LINKIJ PARK, EVANESCENCE, LIMB BIZKIT, dsb, dan mulailah di perhatikan lagi oleh mereka kualitas dari harmonisasi, skill, beat, speed, power, history dan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar