Jumat, 03 Mei 2013

tugas bahasa indonesia 2



ANALISIS KASUS DIKAITKAN DENGAN PEMAKAIAN METODE ILMIAH


I.Metode Ilmiah

·         Pengertian Metode Ilmiah
                Metode ilmiah atau merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Para ahli melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.

II. Langkah-langkah yang di tempuh

  • Perumusan masalah
Perumusan masalah adalah langkah awal dalam melakukan kerja ilmiah.Masalah adalah kesulitan  yang di hadapi yang memerlukan penyelesaiannya atau pemecahannya.

  • Perumusan hipotesis
Ketika kita mengajukan atau merumuskan pernyataan penelitian, maka sebenarnya pada saat itu jawabannya sudah ada dalam pikiran. Jawaban tersebut memang masih meragukan dan bersifat sementara, akan tetapi jawaban tersebut dapat di gunakan untuk mengarahkan kita untuk mencari jawaban yang sebenarnya.

  • Perancangan penelitian
Rancangan penelitian ini berisi tentang rencana atau hal-hal yang harus dilakukan sebelum, selama dan setelah penelitian selesai.

  • Pelaksanaan penelitian
Biasanya meliputi persiapan penelitian, pelaksanaan, pengolahan data, setelah data, menarik kesimpulan.
  • Pelaporan penelitian
Pelaporan ini berisi tentang sistematika penyusunan laporan penelitian


III. Contoh kasus yang berkaitan dengan metode Ilmiah
               
Pengembangan kemampuan berpikir ilmiah di perguruan tinggi


Metode paling ampuh yang pernah di temukan manusia dalam rangka mengumpulkan pengetahuan yang relevan dan reliable tentang alam. Metode non ilmiah lebih mengarah pada emosi dan harapan umat manusia dan lebih mudah di pelajari dan di praktekan daripada metode ilmiah. Meningkatkan pengajaran metode ilmiah dan manifestasinya yang terkenal yaitu berpikir kritis. Berpikir kritis dapat diajarkan melalui : (1) perkuliahan, (2) laboratorium, (3) tugas rumah, (4)sejumlah latian, (5) makalah dan (6) ujian. Realisasi berpikir rasional tampak pada penggunaan kata, kalimat, alenea, rumus pemecahan masalah, ataupun symbol-simbol. Prasyarat untuk mewujudkan items tersebut adalah kemampuan individu utnuk membaca, menulis, memikir dan melakukan observasi. Ilmu pengetahuan adalah system berpikir tentang dunia empiris. Dengan demikian pendidikan keilmuan adalah pendidikan berpikir rasional tentang dunia empiris.

Joko dwi saputro
10209637
4ea12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar