Jumat, 03 Mei 2013

tugas b indo 2


Tehnik Melodi Di Gitar
Permainan gitar adalah sebuah halyang sangat fantastis dan banyak hal-hal menakjubkan yang  bisa kita lihat hanya dari sebuah permainan gitar. Seorang gitaris yang handal harus mampu mnenguasai semua teknik gitar, atau minimal menguasai 1 teknik dan menyempurnakannya. Ada banyak sekali teknik gitar yang bisa kita lakukan, teknik gitar di ciptakan untuk menghasilkan suara-suara tertentu baik itu “genjrangan” ataupun melodi. Melodi sendiri adalah beberapa nada yang di bunyikan baik secara berurutan ataupun secara acak. Permainan melodi harus mematuhi kaidah penggunaan kunci gitar. Artinya melodi gitar tidak bisa di mainkan secara asala-asalan. Untuk memulai nelajar bermain melodi gitar, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan gitar itu sendiri. Tips cara bermain melodi gitar :
·         Potong rapi kuku pada jari tangan kiri anda.
Sebelumnya daya darankan anda memotong kuku jari-jari tangan kiri anda. Ini sangat berguna, karena nantinya jika kuku tangan kiri anda panjang maka anda akan susah menekan senar pada fret gitar.

·         Menggunakan teknik Up Down Stroke
Teknik Up Down adalah memetik senar dengan menggunakan pick atau kuku dengan cara khusus. Cara khususnya adalah jika biasanyakita memetik hanya dengan mengayunkan pick atau kuku kebawah, maka teknik ini mengharuskan anda memetik senar gitar dengan cara mengayunkan kuku/pick kebawah dan keatas secara berurutan. Hasilnya adalah anda dapat menciptakan kecepatan petikan yang 2x lebih cepat daripada melakukan petikan kebawah saja.

·         Melatih kecepatan jari
Kecepatan jari tangan sangat berperan penting dalam bermain melodi gitar. Tanpa kecepatan yang tinggi seorang gitaris tidak akan bisa memainkan melodi-melodi cepat yang indah. Semakin cepat kecepatan jari seorang gitaris juga menandakan semakin hebatnya gitaris tersebut. Jadi, bagi gitaris sejati, selalu asah kemampuan/kecepatan jari tangan anda dimanapun dan kapanpun.

·         Menggunakan Tab gitar
Tab gitar adalah sejenis tanda baca untuk nermain melodi gitar  dari sebuah buku, ataupun video. Jika di piano kita memakai notasi balok untuk membaca not/nada, maka di gitar kita mempunyai sebuah tab/tablature. Jadi bisa di katakana tab gitar adalah notasi baloknya gitar. Berbeda dengan notasi balok yang menggunakan durasi, di tab gitar tidak di sediakan durasi, atau berapa lama senar harus di tekan.

·         Menguasai teknik hammering
Hamerring atau hammer-on adalah sebuah teknik gitar yang sudah di pakai oleh banyak gitaris hebat sejak dulu. Teknik gitar ini sangat sederhana yaitu dengan membunyikan 2 sampai 4 nada sekaligus hanya dengan sekali petik. Caranya sangat mudah yaitu dengan cara menggunakan  4 jari tangan kiri sengan sedikit sentuhan khusus. Dengan cara mengandalkan kekuatan tekanan jari.

·         Menguasai teknik sliding
Teknik sliding juga banyak di pakai oleh gitaris-gitaris hebat seperti Joe Satriani, Paul gilbert,all. Teknik sliding yaitu teknik gitar yang di lakukan dengan cara menyeret jari tangan kirike nada yang lebih tinggi, atau sebaliknya menyeret jari tangan ke fret yang lebih rendah.

Oke, hanya itu saja tips trik bermain melodi gitar yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat banyak bagi kalian yang ingin belajar bermain gitar. Berlatihlah sesering mungkin jika anda ingin menjadi pemain gitar yangbenar-benar hebat. Karena dengan latihan tidak ada hal yang tidak mungkin asalkan kita mau berusaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar